. architecture . interior . renovasi . design & build .
Jl. Darmokali 80 Surabaya 60241 . 031 5681495 . 031 70502868 . 082131377668 . PIN BB 26770C25 .

Sabtu, 11 Juni 2011

jenis material bahan dan finishing interior

PLYWOOD / MULTIPLEK
Plywood atau sering disebut tripleks adalah sejenis papan pabrikan yang terdiri dari lapisan kayu (veneer kayu) yang direkatkan bersama-sama. Plywood merupakan salah satu produk kayu yang paling sering digunakan. Plywood bersifat fleksibel, murah, dapat dibentuk, dapat didaur ulang, dan tidak memiliki teknik pembuatan yang rumit. Plywood biasanya digunakan untuk menggunakan kayu solid karena lebih tahan retak, susut, atau bengkok.



BLOCKBOARD

Block Board adalah sebuah produk hasil olahan Industry Plywood. Block Board terdiri dari 3 lapis yaitu lapis Muka (Face)yang berasal dari lembaran Plywood setebal 0.5 ~ 2 mm, selanjutnya Inti (Core) yang terbuat dari kayu Hutan seperti kayu meranti atau kayu rakyat seperti Kayu Albasia yang sudah dirajang serta dilaminating dan dibuat sedemikian rupa dengan ketebalan berkirar 10 ~ 14 mm dan yang terakhir adalah lapisab belakang (Back) yang dibuat dari Plywood lembaran setebal 0.5 ~ 2.0 mm




M.D.F / PARTICLEBOARD

Medium Density Board (MDF) dibuat untuk menutupi beberapa kelemahan plywood yang permukaannya kurang halus, mudah retak dan pecah pada ukuran lebar yang terlalu kecil dan hasil potongan yang kasar. Bahan MDF sangat halus pada permukaan dan ikatan-iktan antar materialnya sangat kuat. Hanya satu kelemahannya dibandingkan dengan plywood adalah hilangnya motif kayu pada permukaan.
Saat ini MDF menjadi bahan paling favorit untuk pembuatan office furniture dan semua furniture berbasis lembaran.
Kelemahan MDF / Particleboard :
1. Air mudah meresap pada sisi tebal
2. Sekrup kurang kuat pada sisi tebal
3. Lem putih tidak bekerja secara efektif pada permukaan.
4. Tidak mengikat paku sekuat kayu solid.

Biasanya furniture custom made jarang yang menggunakan bahan baku ini .



FINISHING CAT DUCO
Finishing duco adalah dengan metode penyemprotan cairan Cat Solid sebagai finishing akhir pada permukaan furniture dapat berupa dof atau glossy. Warna dapat bervariasi, biasanya terdiri dari warna-warna solid, karena finishing sistem duco dalam interior design digunakan untuk furniture yang ingin menampilkan kesan elegan pada tahap akhirnya.



FINISHING CAT MELAMIN

Pemahaman finishing dengan menggunakan cat melamin hampir sama dengan finishing menggunakan cat duco, dengan metode penyemprotan cairan Cat sebagai finishing akhir pada permukaan furniture dapat berupa dof atau glossy. Cat melamin ini merupakan cat transparan yang lebih menonjolkan serat kayu untuk hasil akhir.




FINISHING HPL

HPL (High Pressure Laminate) adalah bahan pelapis furniture dan merupakan salah satu alternatif finishing material yg terbuat dari resin, penolin, kraft paper dan decorative paper.



FINISHING TACOSHEET
Tacosheet hampir sama dengan HPL, bahan pelapis furniture dan merupakan salah satu alternatif finishing material yg terbuat dari kraft paper dan decorative paper.
Lapisan tacosheet ini lebih tipis dibanding dengan lapisan HPL

1 komentar:

  1. Dear Wira Utama Construction

    Saya ingin mendapatkan informasi untuk material lembaran tebal 3mm keras tidak lentur mudah untuk pengerjaan seperti pemotongan dan pelubangan serta finising seperti cat. Beberapa alat dapur seperti piring atau tatakan (baki) menggunakan yang orang pada umunya menyebutnya melamin, saya perlu material seperti itu dalam bentuk lembaran. Apa benar melamin yang saya maksudkan ada dalam lembaran, dan dimana dapat saya beli?

    Terimaksih

    Lili Sugeng
    lili.sugeng@gmail.com

    BalasHapus